Tips Memotret Dengan HP, Hasilkan Foto Sekelas Fotografer

Posted on

Saat kamu membaca tips memotret dengan HP ini, sebenarnya kamu sedang berusaha mengoptimalkan fungsi kamera di HP kamu. Semakin hari, hasil foto sekelas fotografer profesional semakin mudah kamu dapatkan hanya dengan adanya kamera yang tersemat di smartphone yang kamu miliki.

Namun tentunya tidak bisa asal jepret. Kamu juga harus memahami trik-trik bagaimana menghasilkan foto yang aesthetic. Sebab meski sama-sama kamera dengan fungsi sama, kamera di ponsel punya karakteristik berbeda dengan kamera digital, baik itu mirrorless ataupun DSLR.

Tips Memotret Dengan HP
theschoolofphotography.com

Simak Tips Memotret dengan HP Agar Hasil Aesthetic

Memotret dengan kamera HP bisa menjadi jalan tikus buat kamu yang suka hunting, traveling, atau kegiatan lainnya namun punya masalah kanker (kantong kering). Tidak perlu mengeluarkan biaya buat beli kamera atau sewa, karena dengan handphone saja sudah sangat cukup menghasilkan kenangan yang berkelas dunia.

Di bawah ini boleh kamu jadikan pengetahuan, bagaimana sih cara memaksimalkan kamera ponsel itu. Skuyy, gas jelajah.

1. Pelajari Konsep Dasar Fotografi dengan Handphone

Meski hanya menggunakan kamera ponsel, kamu tetap harus paham bagaimana konsep dasar fotografi. Untuk upaya yang mudah, kamu bisa mengaktifkan mode grid di kamera ponsel sehingga kamu mengerti posisi mana yang tepat dari objek foto yang akan kamu ambil.

Tetap amati grid, lalu letakkan objek foto yang gambarnya akan kamu jepret di salah satu titik layar. Posisikan pula objek sesuai dengan lingkungan sekitar.

Komposisi gambar yang seimbang juga akan mempengaruhi hasil foto. Meski pemandangan bagus lengkap dengan pencahayaan sempurna tetap tidak akan menghasilkan foto yang ciamik apabila komposisi tidak memadai.

2. Perhatikan Pencahayaan

Tips memotret dengan HP tentunya tidak boleh melupakan pencahayaan. Waktu terbaik untuk menghasilkan gambar terbaik menggunakan ponsel adalah pagi hingga sore hari ketika keadaan cerah dengan sinar matahari. Apabila kamu melakukannya di dalam ruangan, maka gunakan lampu yang terang.

3. Cari Objek Menarik

Sekalipun sudah paham teknik fotografi sampai njlimet, jika objek yang kamu ambil tidak menarik, sepertinya tidak ada keren-kerennya. Sebelum memotret, rajin-rajinlah stalk IG para fotografer dan pelajari objek yang mereka potret.

Setelah itu, cari passion kamu. Mungkin sunset, sunrise, bunga, atau apa saja yang kiranya itu menarik, bangunan sekalipun. Buat selfie? Ah, itu nanti dulu, ya.

4. Usahakan Objek yang Diam

Kekurangan menggunakan kamera ponsel ialah agak tidak bisa memotret benda bergerak. Beda dengan DSLR atau mirrorless yang punya kemampuan pembekuan objek kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, usahakan memilih objek yang diam. Jika tidak bisa diam, misal teman sendiri atau pacar, ada baiknya kamu colek biar anteng agar tips memotret dengan HP berhasil.

5. Latih Tangan Agar Stabil Memegang Handphone

Pastinya tidak ada yang hobi melihat foto blur, kecuali memang sengaja pakai efek blur ya. Dengan demikian, kamu harus banyak melatih kestabilan tanganmu dalam memegang handphone.

6. Hindari Perbesar, Perdekat Objek

Ada beberapa kelebihan apabila kamu mendekati objek. Kamu bisa dapat efek bokeh pada background, kamu juga tak perlu menggunakan zoom yang hasilnya tidak maksimal itu. Terakhir, kamu bisa menyeimbangkan komposisi objek pada frame foto.

7. Pilih Kamera Bawaan

Tidak apa jika memakai kamera 360, tapi jika ingin kualitas yang lebih, kamu bisa memakai kamera bawaan ponselmu. Lalu, barulah melewati proses editan dengan aplikasi pilihanmu.

Tips memotret dengan HP bisa kamu lakukan dengan aplikasi selain kamera bawaan apabila aplikasi itu seperti FV-5 yang memang mampu mengoptimalkan kamera ponsel dengan tambahan fitur aperture atau pengaturan ISO.

8. Angle Merupakan Segala Keindahan

Angle sangat berpengaruh pada hasil foto. Pilihlah angle yang berbeda dan bayangkan pula akan hasilnya. Kamu bisa mencoba teknik force perspective untuk hasil yang aesthetic. Perbanyaklah mendalami berbagai materi tentang angle ini.

9. Bersihkan Lensa Ponsel Terlebih Dahulu

Saat sering dibawa bepergian, HP menjadi barang yang paling rentan debu dan kotoran. Karena lensa HP tak berbekal lens cap layaknya kamera digital, kamu harus sering membersihkannya sebelum melakukan pemotretan. Kamu bisa menggunakan kain halus untuk menghapus kotoran, atau sidik jari yang menempel.

Pahami tips memotret dengan HP. Memang agak susah-susah gampang. Kamu hanya perlu mencoba dan berjuang. Let’s, jadikan smartphonemu sebagai senjata handal hasilkan foto sekelas fotografer profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *