Speaker HP Kemasukan Air? Ini Dia Cara Ampuh Mengatasinya

Diposting pada

Speaker HP kemasukan air? Kira-kira bagaimana solusinya? Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna HP adalah speaker rusak. Selain kotor karena debu, speaker yang pernah kemasukan air juga bisa rusak.

Mungkin awalnya tidak ada masalah namun beberapa hari kemudian akan terdengar seperti rusak dan suara tidak jelas. Jika dibiarkan terus menerus akan semakin parah bahkan bunyinya terdengar pecah.

Speaker HP Kemasukan Air
ios.gadgethacks.com

Solusi Untuk Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Speaker sendiri merupakan salah satu komponen HP yang paling sensitif. Sehingga jika terjadi kerusakan dampaknya cukup parah. Disamping itu, sebenarnya speaker bisa diganti jika dirasa sudah rusak.

Meskipun begitu jika masih bisa diperbaiki maka tidak perlu terburu-buru untuk menggantinya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa Anda coba.

1. Cek Speaker Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika speaker kemasukan air adalah mengeceknya. Jangan terburu-buru untuk membersihkan ataupun membuka casing HP. Cek apakah benar ada air yang masuk kedalam speaker.

Jika benar maka jangan goyangkan HP karena air akan mengalir ke dalam komponen lain. Tegakkan HP agar air mengalir keluar. Hal ini bisa menjadi langkah sederhana untuk mengatasi kerusakan pada speaker.

2. Keringkan HP Menggunakan Kipas Angin

Cara selanjutnya untuk mengatasi speaker HP kemasukan air adalah menggunakan kipas angin. Bisa jadi air yang ada di dalam speaker belum keluar sepenuhnya sehingga masih basah. Oleh karena itu, mengeringkan HP bisa menjadi alternatif yang tepat.

Anda bisa mengeringkan HP dengan mengarahkan speaker ke kipas angin. Keringkan kurang lebih 30 menit sampai 1 jam hingga benar-benar kering. Bila perlu, Anda bisa membuka casing HP untuk mengeringkan HP secara maksimal.

3. Memasukkan HP Kedalam Beras

Beberapa orang menggunakan beras sebagai media atau solusi ketika speaker nya kemasukan air. Sebagian orang menganggap bahwa cara ini cukup karena beras memiliki sifat menyerap air.

Cara untuk mengeringkan speaker yang kemasukan air dengan beras cukup mudah. Ambil beras dan masukkan ke dalam plastik besar. Kemudian kubur HP di dalam beras hingga benar-benar tertutup.

Akan lebih maksimal jika casing dan baterai dilepas namun tidak berlaku untuk HP dengan baterai tanam. Oleh karena itu, kubur HP hingga tertutup keseluruhan kurang lebih 2 hari. Setelah itu, Anda bisa mengecek kembali speakernya apakah sudah normal atau belum.

4. Keringkan Menggunakan Hairdryer

Selain menggunakan kipas angin, speaker HP kemasukan air juga bisa dikeringkan dengan hairdryer. Cara ini juga menjadi solusi yang ampuh karena hairdryer membuat speaker lebih cepat kering. Hal yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai panas hairdryer merusak komponen HP.

Terkadang cara pengeringan yang tidak tepat dapat merusak komponen HP. Pastikan terlebih dahulu panas hairdryer sudah diatur. Kemudian keringkan speaker hingga benar-benar kering. Jika dirasa sudah kering maka selesai, jangan mengeringkan terlalu lama.

5. Membawa ke Service HP

Tips terakhir jika speaker HP yang kemasukan air adalah membawa ke service HP terdekat. Namun sebelumnya Anda bisa mencoba beberapa cara diatas. Jika semua cara sudah dilakukan dan speaker tetap rusak maka serahkan ke ahlinya yaitu service HP.

Hal yang perlu diingat adalah memilih service HP yang terpercaya. Jangan sembarangan memilih tempat service karena berdampak pada HP yang akan diperbaiki.

Beberapa cara di atas sangat direkomendasikan jika speaker HP kemasukan air. Sebagai pencegahan, pengguna HP harus lebih berhati-hati dalam menggunakan ponselnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *