Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Solusinya, Apa Saja?

Diposting pada

Apa saja penyebab baterai HP cepat habis? Bukan hal asing lagi ketika baterai HP yang cepat habis menjadi keluhan banyak orang. Penggunaan HP yang tidak benar hingga proses pengisian daya yang tidak menggunakan charger bawaan merupakan salah satu penyebabnya

Daya baterai yang cepat habis tentunya menjadi pengganggu ketika mengoperasikan HP. Ketika bepergian jauh pun baterai harus terisi penuh. Namun jika baterai HP Anda cepat habis, maka akan menjadi masalah.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis
payetteforward.com

Apa Saja Penyebab Baterai HP Cepat Habis?

Pengguna yang masih awam tentang permasalahan HP pasti merasa bingung ketika baterai ponselnya cepat habis. Terlebih lagi jika pengisian daya baterai membutuhkan waktu lama. Tentu saja akan mengganggu kenyamanan kegiatan multitasking.

Ponsel dengan permasalahan baterai cepat habis perlu diatasi segera. Sebab, kedepannya akan semakin mengganggu hingga menimbulkan kerusakan. Sebelum mengetahui solusinya, ada beberapa penyebab yang juga penting untuk diketahui. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengaktifkan Mode Daya Optimal

Penyebab baterai HP cepat habis yang jarang diketahui pengguna adalah pilihan mode. Pada setiap ponsel pasti dibekali dengan mode penggunaan baterai. Mulai dari mode hemat daya hingga mode penggunaan baterai maksimum.

Ketika pengguna mengaktifkan mode optimal, maka daya baterai akan cepat terkuras. Hal ini dikarenakan kegiatan multitasking memakan banyak daya. Oleh karena itu, tak heran jika baterai cepat habis bahkan panas ketika mode maksimum diaktifkan.

2. Menggunakan Charger Lain yang Tidak Ori

Pengisian daya menggunakan charger lain juga menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Kebiasaan ini menjadi hal yang wajar di kalangan pengguna. Padahal kebiasaan tersebut akan mempengaruhi performa HP.

Akan lebih baik jika menggunakan charger bawaan yang original. Meski pengisian dayanya lebih cepat jika menggunakan charger lain namun tetap saja akan merusak komponen HP. Bahkan kedepannya nanti daya baterai akan cepat terkuras.

Solusi yang tepat adalah menggunakan charger original. Apabila charger original hilang atau tidak bisa digunakan, maka bawa ke service center dan cari charger yang ori.

3. Kegiatan Multitasking Tanpa Henti

Pengguna ponsel pastinya mengoperasikan ponselnya untuk berbagai kebutuhan. Kegiatan multitasking tanpa henti juga menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Selain performa baterai, RAM dan penyimpanan juga bisa terkuras.

Tidak jarang pengguna ponsel yang mengaktifkan HP seharian. Bahkan data selulernya pun juga dihidupkan meski tidak digunakan. Jika penggunaan HP selalu menguras performa tiap harinya, maka akan merusak komponennya.

Oleh karena itu, solusi yang paling tepat adalah membatasi kegiatan multitasking. Ketika sudah tidak digunakan, ponsel bisa dinonaktifkan. Jika tidak ingin dinonaktifkan, maka mode power saving bisa dihidupkan.

4. Menginstall Banyak Aplikasi

Banyak aplikasi yang terinstall ternyata menjadi penyebab baterai HP cepat habis. Bukan hal asing lagi ketika pengguna ponsel menginstall aplikasi yang disukai. Bahkan hingga memakan banyak penyimpanan.

Aplikasi yang terinstall tetap akan berjalan meski tidak digunakan. Sehingga penggunaan baterai juga akan terkuras dan berkurang. Meskipun begitu, pengguna ponsel bisa mengurangi salah satu aplikasi yang jarang digunakan. Dengan begitu, bisa mengurangi pemakaian baterai.

5. Mengoperasikan HP Ketika di Charger

Kebiasaan memainkan HP ketika sedang mengisi daya juga menjadi penyebab baterai lebih cepat habis. Hal ini sering terjadi pada pengguna HP yang menganggap kebiasaan tersebut sudah lazim.

Sebenarnya pengoperasian HP ketika sedang mengisi daya tidak diperbolehkan. Selain merusak HP, juga bisa merusak fungsi dari charger. Pengisian daya menjadi lebih lambat dan ketika digunakan baterai akan cepat habis.

Maka dari itu, pengguna HP perlu berhati-hati ketika mengoperasikan ponselnya. Beberapa penyebab baterai cepat habis seperti di atas bisa dijadikan referensi agar pengguna lebih waspada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *