5 Cara Agar Penyimpanan HP Tidak Penuh, Gunakan Sekarang Juga!

Posted on

Cara agar penyimpanan HP tidak penuh, bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Ini, juga menjadi upaya kita untuk menjaga kinerja HP agar tetap maksimal.

Penyimpanan HP bisa saja penuh sewaktu-waktu tanpa kita sadari. Anehnya lagi, penyimpanan tiba-tiba penuh padahal tidak menggunakan terlalu banyak aplikasi.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Seperti menumpuknya file cadangan, file bertipe cache, hingga thumbnail. Penyebab lainnya juga bisa karena terlalu banyak file foto maupun video.

Cara Agar Penyimpanan HP Tidak Penuh
cnet.com

Simak 5 Cara Agar Penyimpanan HP Tidak Penuh

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Berikut ini, rangkuman yang sudah kami buat.

1. Membersihkan File Junk dan Cache Secara Rutin

File yang tersimpan dalam HP kita, bisa menjadi sampah. File sampah tidak ada gunanya, dan hanya membuat penyimpanan menjadi penuh saja.

Repotnya, meskipun file sampah sudah kita bersihkan, tetap saja sering muncul. Maka dari itulah, kita harus membersihkannya secara rutin.

Mulailah dengan mengatur jadwal untuk membersihkan file-file sampah tersebut. Misalnya saja, setiap satu minggu sekali.

2. Simpan File Foto, Musik, dan Video di SD Card

Seperti penjelasan sebelumnya, file foto, musik, dan video yang terlalu banyak, dapat menyebabkan penyimpanan penuh. Supaya tidak terjadi, dan kita tidak perlu menghapus file-file tersebut, simpan saja dalam SD Card.

Selain mencegah penyimpanan tidak penuh, cara ini juga dapat memberikan ruang lebih pada memori internal. Jika ingin menggunakan cara tersebut agar penyimpanan HP tidak penuh, silahkan ikuti langkah-langkah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka “File Manager” pada HP terlebih dahulu
  2. Setelah itu, buka folder yang kita gunakan untuk menyimpan foto, musik, maupun video. Misalnya seperti “Album” atau “Gallery”
  3. Berikutnya, pilih file mana saja yang akan kita pindahkan ke dalam SD Card
  4. Langkah selanjutnya, pilih opsi “Move (Memindah)” atau “Copy (Menyalin)”
  5. Terakhir, “Paste” ke dalam folder penyimpanan yang ada dalam SD Card

3. Unisntall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara lainnya, uninstall aplikasi yang tidak kita gunakan. Semakin banyak aplikasi dalam HP, sudah pasti penyimpanannya akan semakin cepat penuh.

Untuk itulah, perhatikan aplikasi apa saja yang akan kita install. Pastikan aplikasi yang kita install sangat diperlukan setiap harinya.

Selain itu, perhatikan juga aplikasi dengan fungsi sama. Jika ada dua aplikasi dengan fungsi sama, pilih salah satu yang terbaik.

4. Hapus Kotak Masuk yang Menumpuk

Dengan menghapus pesan pada kotak masuk seperti SMS, juga dapat menjadi salah satu upaya yang bisa kita lakukan. Meskipun sebenarnya cara ini tidak terlalu berpengaruh agar penyimpanan HP tidak penuh.

Namun, tidak ada salahnya bila kita gunakan. Selain itu, cara ini juga bisa sedikit membantu meringankan beban kinerja penyimpanan HP. Ikuti langkah-langkah ini, jika ingin mencoba menggunakannya.

  1. Pertama, silahkan hapus semua “Pesan SMS” yang terdapat pada kotak masuk
  2. Jangan lupa juga bersihkan kotak pesan yang terdapat pada aplikasi seperti, WA, Line, Facebook dan aplikasi lainnya

5. Install Aplikasi Cleaner dan Anti Virus

Cara yang tak kalah penting yakni dengan install aplikasi cleaner dan anti virus. Aplikasi ini dapat menjaga HP agar bersih dengan menghapus file sampah maupun file tidak penting lainnya. Selain bersih, HP kita juga lebih aman karena tidak ada virus yang menginfeksi.

Demikianlah cara agar penyimpanan HP tidak penuh yang bisa kita gunakan. Perhatikan selalu kondisi penyimpanan agar performa HP tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *